Langsung ke konten utama

Teh Kotak Jasmine Tea - My Big Fat Competitor

Kalau dengar yang namanya Teh Kotak, pasti tau kan bagaimana bentuknya,


Ya, dengan bentuknya yang kotak, produk ini adalah minuman teh siap minum yang dikemas didalam kotak. Kemasannya berwarna coklad dan merah dengan tulisan Teh Kotak yang besar dan terlihat. Diatasnya ada logo tangan yang memegang daun teh, seakan baru saja dipetik daun tehnya. Bila kita sering melihat minuman teh dakam botol, kali ini Teh Kotak menawarkan sensasi kesegaran teh asli didalam kotak. Kali ini, mari kita menganalisa 4P Marketing Mix dari produk Teh Kotak Jasmine Tea.


PRODUCT
Teh Kotak diproduksi oleh PT. Ultrajaya Indonesia dengan proses produksi seperti berikut: daun teh direbus dan dicampur dengan gula, kemudia di sterilisasikan melalui proses UHT dengan pemanasan cepat menghilangkan bakteri. Kemudian di kemas dalam kotak dengan 6 lapisan karton yang terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin akan mengkontaminasi minuman teh.


Bahan – bahan Teh Kotak sendiri terdiri dari daun teh segar, gula, dan air. Bisa terlihat bahwa produk ini sangat menjunjung keaslian rasa teh.

Teh Kotak memiliki beberapa varian, yaitu Jasmine Tea dan Less Sugar. Dan pada analisa kali ini saya memilih Teh Kotak Jasmine Tea karena merupakan yang paling mudah ditemukan di minimarket maupun warung.

Teh Kotak Jasmine Tea sendiri memiliki beberapa varian, antara lain: Teh Kotak 300 ml dan Teh Kotak 500 ml

PLACE
Ringkas dan mudah dibawa, produk ini bisa kita lihat dimana - mana. Mulai dari warung, mini-market, supermarket, hingga di online marketplace seperti Shopee. Konsumen dari beragam kalangan pun bisa sangat mudah membeli produk ini.

(Teh Kotak di Mini Market)

PRICE
Harga dari Teh Kotak berkisar Rp. 3.000 – 6.000. Tergantung pada tempat jualnya. Contoh, di minimarket Teh Kotak 300 ml dipasarkan dengan harga Rp. 4.500. Sedangkan di online dijual dengan harga Rp. 3.500 .


Harga ini termasuk terjangkau dan mengarah pada target market low to middle class.

PROMOTION
Teh Kotak Jasmine Tea melakukan beberapa promosi di berbagai media, seperti:

Dapat dilihat pada kemasan Teh Kotak, selalu ada tulisan ‘50% Ekstra Gratis’. Tulisan ini sudah ada sejak bertahun -tahun yang lalu. Namun, tetap saja dengan adanya tulisan ini mendorong konsumen untuk membeli teh kotak karena mereka merasa mendapat faktor keuntungan sebanyak 50% lebih dari biasa.




‘Truth in A Box’, tagline yang digalakkan sekitar tahun 2014 – 2017. Kata – kata truth in a box sendiri berarti kebenaran atau keaslian yang ada didalam satu kotak minuman Teh Kotak.


Diatas adalah iklan berjudul Teh Kotak Natural Beauty. Kalimat – kalimat didalam iklan ini seperti ‘apa yang alami buatmu?’, ‘tampil alami itu pilihanku’, serta visual dimana seorang gadis mencoba berbagi gaya yang tidak ‘alami’ untuknya; memberikan pesan bahwa yang alami itu lebih baik.

Selain itu, ada juga kompetisi lip-sync video yang bekerja sama dengan Soundwave

Promosi Truth in a Box ini sepertinya lebih menargetkan anak muda dengan pendekatan digital dan topik yang mudah dimengerti dan diikuti.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisa Iklan Marlboro Man 1968

Dalam sebuah print ad, biasanya memiliki beberapa elemen - elemen seperti Headline, Image, Copy, Slogan dan Logo. Berikut penjelesan elemen - elemen tersebut: Selain elemen - elemen dalam print advertising diatas, analisa juga bisa dilakukan pada elemen desain yang ada pada iklan tersebut.  Primary Features Color : Analogous Color - Maroon - Brick Red - White - Cream - Gold - Forest Green  Dimensions : Sedikit memiliki ruang antara tempat berdiri si koboi dengan backgroundnya, terlihat dari dasar yang Ia pijaki yaitu jerami diatas rumput. Line : Adanya garis – garis di Gudang sebagai salah satu ciri khas pintu Gudang. Shape : Adanya tipografi dan beberapa bentuk di iklan ini. Seperti produk rokok yang 3D dan berbentuk kotak sebagai packaging untuk rokok - rokok yang berbentuk silindris. Texture : Jerami yang terlihat kering, celana bahan yang terlihat dari warna dan karakter lipatannya dan bajunya yang juga memiliki lipatan, Gudang mer

Kittu Kitsu - Analisa Produk KitKat di Jepang

Hai! Kali ini mari kita membahas tentang satu produk coklat internasional yaitu KitKat. KitKat adalah produk bar coklat yang dikeluarkan Nestle pada tahun 1953 di Inggris. KitKat identik dengan rasa originalnya,  milk chocolate bar dengan packaging merahnya. Tapi tentu saja, seiring berjalannya waktu, KitKat diseluruh dunia memiliki varian bentuk dan rasa, seperti KitKat Minis, atau Matcha KitKat. Seperti di Jepang, produk KitKat memiliki arti yang sangat sentimen berkat strategi marketingnya. KitKat dapat dibaca sebagai “Kitto Katsu”, yang artinya “pasti menang”. Berbeda dengan tagline KitKat yang biasa kita dengar, yaitu "Have a Break, Have a Kitkat", hal ini dikarenakan tagline ini tidak memberikan arti dan dampak yang sama pada konsumen di Jepang. Pada akhirnya, tim marketing KitKat pun lebih menggunakan kalimat Kitto Katsu, yang sering digunakan ketika menyemangati atau mendoakan kesuksesan. Nestle pada akhirnya memanfaatkan penggunaan kalimat ini dengan me