Langsung ke konten utama

Ini Ani, Ini Agus, Ini Siapa? - Breakdown Iklan BukaLapak




Ini ani
Ini agus
Ini ani
Ini agus
Agus lupa bawa kado
Untung ada Amat
Amat = Cleaning Service
Amat Buka = Bukalapak
Bukalapak dibuka Amat
Amat pahlawannya Agus
Untung ada Amat
Agus Selamat
Ini Ani
Ini Agus
Ini Siapa?


               Ini puisi ya? Eh, bukan deng, ternyata, ini script dari iklan Bukalapak. Iklan berdurasi 30 detik ini adalah salah satu submission untuk Festival Iklan Bukalapak. Walaupun sudah 3 tahun yang lalu, saya mengambil iklan ini untuk dianalisis karena copywriting nya yang cerdas dan mudah diingat. Kalau penasaran, coba deh ditonton dulu videonya:
               Terus, itu siapa? Memang tidak berhubungan, tapi membuat iklan ini memorable. Ketika pertama video ini dimainkan, penonton langsung diperkenalkan dengan Ani dan Agus dengan repetisi kalimat perkenalan, lalu dijelaskan lah situasinya dengan kalimat selanjutnya, “Agus lupa bawa kado, untung ada Amat.” Hanya 1 kalimat sederhana dengan 7 kata, tetapi mampu menjelaskan bahwa Agus, pacar Ani lupa membawa kado (tentu saja di hari yang penting karena terlihat dari property yang ada dan ekspresi Agus yang kebingungan), lalu Amat adalah ‘pahlawan’ yang membantu Agus keluar dari situasi itu.

               Siapa Amat? Amat itu adalah Cleaning Service (sungguh random ya?) yang langsung menyelamatkan Agus dengan membuka Bukalapak di smartphonenya. Di kalimat ini juga ada pengulangan nih, yang bikin nyantol di otak, “Amat Buka = Bukalapak. Bukalapak dibuka Amat”. Kalimat Bukalapak disebut 2 kali sehingga mengingatkan penonton bagaimana cara si Amat jadi pahlawan, yaitu dengan buka Bukalapak.

               “Amat pahlawannya Agus. Untung ada Amat, Agus Selamat”, terimakasih Amat udah buka Bukalapak! Agus pun selamat! Lagi – lagi di kalimat ini ada rima yang mudah untuk diingat.

               “Ini Ani. Ini Agus. Ini Siapa?” Dan kemudian muncullah orang baru yang bukan Ani, Agus , maupun Amat, sama sekali tidak berhubungan dengan cerita. Kenapa ada dia? Karena, tema dari festival ini adalah Pahlawan Pelapak. Siapakah Pahlawan itu? Seperti apa definisi pahlawan, bahkan dalam kehidupan sehari – hari sekalipun. Iklan ini sangat memainkan keyword ‘siapa’, yang menjadi subjek dengan penekanan nama – nama seperti “ Ini Ani, Ini Agus,” dan menunjukkan status dan peran masing – masing karakter, seperti “Amat = Cleaning Service”; dan “Amat pahlawannya Agus”.

               Sangat menyenangkan menonton iklan ini. Membantu audiens untuk tahu, ‘siapa’ itu Bukalapak, dan perannya sebagai pahlawan dalam kehidupan sehari – hari. Kudos untuk Ade Trisna Muharam dan tim selaku creator Iklan Bukalapak ‘Ini Siapa’ kali ini.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teh Kotak Jasmine Tea - My Big Fat Competitor

Kalau dengar yang namanya Teh Kotak, pasti tau kan bagaimana bentuknya, Ya, dengan bentuknya yang kotak, produk ini adalah minuman teh siap minum yang dikemas didalam kotak. Kemasannya berwarna coklad dan merah dengan tulisan Teh Kotak yang besar dan terlihat. Diatasnya ada logo tangan yang memegang daun teh, seakan baru saja dipetik daun tehnya. Bila kita sering melihat minuman teh dakam botol, kali ini Teh Kotak menawarkan sensasi kesegaran teh asli didalam kotak. Kali ini, mari kita menganalisa 4P Marketing Mix dari produk Teh Kotak Jasmine Tea. PRODUCT Teh Kotak diproduksi oleh PT. Ultrajaya Indonesia dengan proses produksi seperti berikut: daun teh direbus dan dicampur dengan gula, kemudia di sterilisasikan melalui proses UHT dengan pemanasan cepat menghilangkan bakteri. Kemudian di kemas dalam kotak dengan 6 lapisan  karton yang terdiri dari lapisan polyethylene plastic, allumunium foil, dan kertas untuk melindungi dari sinar ultra violet, udara, dan bakteri yang mungkin

Analisa Iklan Marlboro Man 1968

Dalam sebuah print ad, biasanya memiliki beberapa elemen - elemen seperti Headline, Image, Copy, Slogan dan Logo. Berikut penjelesan elemen - elemen tersebut: Selain elemen - elemen dalam print advertising diatas, analisa juga bisa dilakukan pada elemen desain yang ada pada iklan tersebut.  Primary Features Color : Analogous Color - Maroon - Brick Red - White - Cream - Gold - Forest Green  Dimensions : Sedikit memiliki ruang antara tempat berdiri si koboi dengan backgroundnya, terlihat dari dasar yang Ia pijaki yaitu jerami diatas rumput. Line : Adanya garis – garis di Gudang sebagai salah satu ciri khas pintu Gudang. Shape : Adanya tipografi dan beberapa bentuk di iklan ini. Seperti produk rokok yang 3D dan berbentuk kotak sebagai packaging untuk rokok - rokok yang berbentuk silindris. Texture : Jerami yang terlihat kering, celana bahan yang terlihat dari warna dan karakter lipatannya dan bajunya yang juga memiliki lipatan, Gudang mer

Kittu Kitsu - Analisa Produk KitKat di Jepang

Hai! Kali ini mari kita membahas tentang satu produk coklat internasional yaitu KitKat. KitKat adalah produk bar coklat yang dikeluarkan Nestle pada tahun 1953 di Inggris. KitKat identik dengan rasa originalnya,  milk chocolate bar dengan packaging merahnya. Tapi tentu saja, seiring berjalannya waktu, KitKat diseluruh dunia memiliki varian bentuk dan rasa, seperti KitKat Minis, atau Matcha KitKat. Seperti di Jepang, produk KitKat memiliki arti yang sangat sentimen berkat strategi marketingnya. KitKat dapat dibaca sebagai “Kitto Katsu”, yang artinya “pasti menang”. Berbeda dengan tagline KitKat yang biasa kita dengar, yaitu "Have a Break, Have a Kitkat", hal ini dikarenakan tagline ini tidak memberikan arti dan dampak yang sama pada konsumen di Jepang. Pada akhirnya, tim marketing KitKat pun lebih menggunakan kalimat Kitto Katsu, yang sering digunakan ketika menyemangati atau mendoakan kesuksesan. Nestle pada akhirnya memanfaatkan penggunaan kalimat ini dengan me