Ini agus
Ini ani
Ini agus
Agus lupa bawa kado
Untung ada Amat
Amat = Cleaning Service
Amat Buka = Bukalapak
Bukalapak dibuka Amat
Amat pahlawannya Agus
Untung ada Amat
Agus Selamat
Ini Ani
Ini Agus
Ini Siapa?
Ini puisi
ya? Eh, bukan deng, ternyata, ini script dari iklan Bukalapak. Iklan berdurasi
30 detik ini adalah salah satu submission untuk Festival Iklan Bukalapak.
Walaupun sudah 3 tahun yang lalu, saya mengambil iklan ini untuk dianalisis
karena copywriting nya yang cerdas dan mudah diingat. Kalau penasaran, coba deh
ditonton dulu videonya:
Terus,
itu siapa? Memang tidak berhubungan, tapi membuat iklan ini memorable. Ketika pertama
video ini dimainkan, penonton langsung diperkenalkan dengan Ani dan Agus dengan
repetisi kalimat perkenalan, lalu dijelaskan lah situasinya dengan kalimat
selanjutnya, “Agus lupa bawa kado, untung ada Amat.” Hanya 1 kalimat sederhana
dengan 7 kata, tetapi mampu menjelaskan bahwa Agus, pacar Ani lupa membawa kado
(tentu saja di hari yang penting karena terlihat dari property yang ada dan ekspresi
Agus yang kebingungan), lalu Amat adalah ‘pahlawan’ yang membantu Agus keluar
dari situasi itu.
Siapa
Amat? Amat itu adalah Cleaning Service (sungguh random ya?) yang langsung
menyelamatkan Agus dengan membuka Bukalapak di smartphonenya. Di kalimat ini
juga ada pengulangan nih, yang bikin nyantol di otak, “Amat Buka = Bukalapak. Bukalapak
dibuka Amat”. Kalimat Bukalapak disebut 2 kali sehingga mengingatkan penonton bagaimana
cara si Amat jadi pahlawan, yaitu dengan buka Bukalapak.
“Amat
pahlawannya Agus. Untung ada Amat, Agus Selamat”, terimakasih Amat udah buka
Bukalapak! Agus pun selamat! Lagi – lagi di kalimat ini ada rima yang mudah
untuk diingat.
“Ini Ani.
Ini Agus. Ini Siapa?” Dan kemudian muncullah orang baru yang bukan Ani, Agus ,
maupun Amat, sama sekali tidak berhubungan dengan cerita. Kenapa ada dia?
Karena, tema dari festival ini adalah Pahlawan Pelapak. Siapakah Pahlawan itu?
Seperti apa definisi pahlawan, bahkan dalam kehidupan sehari – hari sekalipun.
Iklan ini sangat memainkan keyword ‘siapa’, yang menjadi subjek dengan
penekanan nama – nama seperti “ Ini Ani, Ini Agus,” dan menunjukkan status dan
peran masing – masing karakter, seperti “Amat = Cleaning Service”; dan “Amat
pahlawannya Agus”.
Sangat
menyenangkan menonton iklan ini. Membantu audiens untuk tahu, ‘siapa’ itu
Bukalapak, dan perannya sebagai pahlawan dalam kehidupan sehari – hari. Kudos
untuk Ade Trisna Muharam dan tim selaku creator Iklan Bukalapak ‘Ini Siapa’ kali ini.
Komentar
Posting Komentar